Rabu, 25 Januari 2017

Cerita bayi tabung Alin

Ak dan suami menikah Juli 2010. Pas awal2 nikah gak kepikiran kalau mau punya anak itu susah. Soalnya liat temen2 pada nikah bulan depannya udah posting test pack positif. Ak pikir kehamilan ak menjadi hal yg semudah itu buat aku. Ternyata ak dan suami harus berusaha lebih keras dibandingkan orang lain untuk mendapatkan momongan.

Enam tahun lebih menjalani kehidupan rumah tangga pasti ada aja yg nanyain soal momongan. Dari pertanyaan bersifat supportif sampai pertanyaan cuma kepo yang kadang diiiringgi komen2 yg gak enak didenger. Kadang dengernya cuma sambil ketawa2, kadang dengernya pas PMS udah double triple bete  deeehhh. Karena yang tau perjuangannya mendapatkan momongannyakan cuma kita berdua.

Enam tahun ini sebenernya kita udah program hamil di beberapa dokter yg memang ahli di bidang infertilitas. Kita mulai program hamil di 2011. Dari didiagnosis PCOS sampai alergi sperma. 

Promil pertama kita di 2011-2013 di YPK Menteng disini cuma diterapi PCOS aja. Lama2 bosuntuen juga gak maju2. Akhirnya 2013 pindah ke Morula IVF Menteng, konsul dgn dr. Ivan. Dari sini didiagnosis Unexplained Infertility. Saat itu kita diprogramkan inseminasi. Sayangnya di hari H dr. Ivan cuti dan digantikan oleh dokter yg lain. Entah faktor kurang nyaman dengan dokter pengganti alhasil program ini gagal. Dan yng pasti memang belum rejeki dari Allah SWT. Balik lagi konsul ke dr. Ivan, disarankan inseminasi ulang. Krn mmg inseminasi ya hoki2an juga. Angka keberhasilannya juga rendah. Akhirnya ak dan suami memutuskan istrihat program dulu, toh mmg kita gak ada masalah apa2. Manatau klo gak promil jadi hamil.

2013-2014 istirahat dari program. Awal 2015 kita mulai lagi promil. Bbrp teman ada yg menyarankan utk cek antibodi antisperma, krn bbrp kasus infertilitas disebabkan oleh ini. Untuk terapi antibodi antisperma ini gak dipake oleh semua dokter kebidanan. Hanya dibeberapa rumah sakit saja salah satunya Sam Marie. Ak menjalani program disini kurang lebih 9 bulan. Tapi lama-kelamaan jenuh dan merasa gak ada selasai2nya. Akhirnya berhenti program lagi.

Oktober 2016 menemukan semangat baru lagi buat program. Rasanya belum puas kalau blm usaha sampai maksimal tapi udah nyerah. Ak dan suami sepakat mau balik lg ke dr. Ivan. Krn mmg udah nyaman dgn dokter dan fasilitas di RSnya.

Konsul dengan dr. Ivan kita disarankan utk melangkah agresif krn sudah 6 th lebih menikah. Pilihannya bayi tabung atau IVF. Dijelasin kalau bayi tabung ini butuh 3 hal, kesiapan fisik, finansial dan mental. Kesiapan mental saat program yang kita jalanin gagal dan apa yg bisa kita pelajari jika memang ternyata belum berhasil. Pas konsul sekalian USG, alhamdulillah semua baik. Jadi diprogramkan utk bayi tabung pas siklus mens berikutnya. Sama dikasih pengantar untuk screening sebelum bayi tabung dan analisa sperma.

Untuk yg pengen tau tentang bayi tabung atau IVF bisa liat disini. Video IVF dari dr. Ivan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar